Kisah Nabi Idris Lengkap Dengan Gambar

Selamat Pagi semuanya, karena tulisan ini saya buat di pagi hari jadi saya menyapa adik adik semua dengan ucapan selamat pagi, dikesempatan kali ini saya akan berbagi cerita bergambar tentang Kisah Nabi Idris AS untuk kalian baca.

Kisah Nabi Idris Lengkap Dengan Gambar

Nabi Idris merupakan keturunan keenam dari Nabi Adam. Beliau Adalah Seorang nabi yang sangat dermawan dan juga sangat mulia, bagaimana kisah lengkap tentang beliau yuk langsung saja baca selengkapnya di bawah ini.

Nabi Idris AS dianggap sebagai Uzairis yang artinya seorang pahlawan mesir kuno. Pada saat nabi muhammad dalam perjalanan isra miraj, beliau bertemu dengan nabi Idris di langit ke enam.

Nabi yang ke enam ini merupakan nabi yang memiliki sifat terpuji. Selain itu, Beliau juga memiliki anugrah ilmu pengetahuan yang tinggi dan luas yang diberikan oleh Allah. Beliau juga salah satu manusia pertama yang mengenalkan cara membaca dan menulis. Tak hanya itu saja, beliau juga mengenalkan kepada umatnya cara menjahit, bercocok tanam, dan menjinakkan hewan.

Karena keistimewaannya itu nabi idris sangat dikagumi oleh kaumnya. Hingga suatu ketika datanglah malaikat izrail menemui nabi idris. Beliau langsung bertanya kepada malaikat izrail, "wahai malaikat apa tujuanmu mendatangiku, apakah kau ingin mencabut nyawaku atau ingin menziarahi aku," tanya nabi idris ke malaita izrail.

Malaikat Izrail menjawab "aku hanya ingin menziarahi kamu". Pada saat itu nabi idris meminta kepada malaikat izrail, "wahai malaikat, apakah kamu bersedia mencabut nyawaku lalu kau menghidupkanku kembali, karena aku ingin merasakan sakaratul maut dan meningkatkan ibadahku kepada allah".

Aku tidak bisa melakukan itu, kecuali ada izin dari Allah, kata malaikat izrail. Nabi idris langsung berdoa kepada allah agar permohonannya dikabulkan.

Lalu atas izin Allah akhirnya malaikat izrail menuruti permintaan nabi idris. Setelah malaikat izrail mencabut nyawa nabi idris, dan bertanya "bagaimana rasanya sakaratul maut,"

Lalu nabi menjawab, rasanya sakit seperti hewan yang sedang dikuliti, bahkan seribu kali lebih sakit. Setelah nabi idris wafat, beliau meminta kepada malaikat izrail agar bisa melihat neraka, sebab jika ia sudah mengetahui itu dia ingin lebih meningkatkan ibadahnya kepada Allah.

Lagi-lagi malaikat izrail tidak dapat menyanggupi permintaan nabi idris, sebab orang yang masuk neraka adalah orang yang semasa hidupnya banyak dosa, sedangkan nabi idris adalah manusia yang tidak berdosa. Akan tetapi atas izin allah nabi idris diperbolehkan melihat neraka. Tetapi tidak dizinkan untuk masuk, hanya diperbolehkan melihat siksa api neraka dan hanya bisa sampai ke depan pintu neraka saja.

Setelah melihat neraka, nabi idris meminta agar diperlihatkan surga. Akan tetapi malaikat izrail menolaknya sebab beliau masih keadaan hidup dan yang diperbolehkan masuk adalah orang yang sudah meninggal dunia yang semasa hidupnya selalu patuh atas perintah allah.

Dan berkat izin allah, nabi idris hanya diperbolehkan melihat surga dari depan saja. Di sana beliau melihat keindahan yang ada di surga, terdapat pohon dengan buah yang sangat lezat, serta adanya sungai yang airnya seperti susu.

Setelah melihat surga, nabi idris diajak kembali ke dunia oleh malaikat izrail. Akan tetapi nabi idris sengaja meninggalkan sandalnya di depan pintu surga. Sesampainya di dunia, beliau meminta kepada malaikat izrail agar kembali lagi ke surga karena sandalnya tertinggal di sana.

Saat balik lagi ke surga, nabi idris tidak mau di ajak kembali ke dunia. Beliau berkata bahwa ia telah merasakan 3 kali sakaratul maut, sedangkan manusia hanya dikasih satu kali saja untuk merasakan sakaratul maut. Dan aku telah melihat surga dan neraka, maka dari itu aku memohon kepada allah agar menempatkanku di surgaNya.

Lalu allah berfirman, wahai malaikat, tinggalkanlah nabi idris di surga. Sesungguhnya aku telah menentukan dia sebagai penghuni surga sejak zaman azali. Sejak saat itu, nabi idris dibiarkan tinggal di surga hari kiamat.

Sangat menarik sekali Kisah Nabi Idris singkat yang dapat kita ambil pelajaran untuk patut kita contoh, cerita bergambar ini merupakan sebuah karya yang ditulis oleh seorang yang bernama Irsyad Zulfahmi.S.Pd. dan sudah kami tulis ulang versi kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel